DPMD Sosialisasikan Aplikasi Melawan Covid-19 dan Penanganan Stunting Di Ukui

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Guna membantu masyarakat dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 serta  menurunkan angka stunting, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pelalalawan mengadakan sosialisasi dua aplikasi seluler penanganan Covid-19 (Aplikasi Desa Melawan  Covid-19) dan penanganan stunting (e-Human Development Work/e-HDW) di Kecamatan Ukui, pada Rabu (17/6/2020).

Menurut Kepala Bidang Kelembagaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pelalawan  Syahrizul, selaku narasumber, menyampaikan bahwa dua aplikasi ini diluncurkan dan dikembangkan oleh  Kementrian Desa PDTT untuk mendukung pelaksanaan protokol penanganan Covid-19 dan upaya menurunkan  stunting, sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Kemendes PDTT No. 8 tahun  2020 tentang desa tanggap Covid 19 dan penanganan karya tunai. 

Syahrizul menambahkan, bahwa aplikasi Desa Melawan Covid-19 akan membantu relawan desa dalam penanganan Covid-19. Aplikasi ini akan membantu relawan dalam pelaksanaan kegiatan dan aktivitas  pemberian edukasi dan informasi tentang Covid-19 kepada masyarakat serta membantu dalam mengumpulkan data secara real time terkait penyebaran dan dampak covid 19. 

"Sedangkan aplikasi e-HDW berfungsi guna memastikan intervensi gizi masyarakat ditengah wabah Covid-19, dimana layanan keluarga 1000 HPK (Hari Pertama Kelahiran) penting untuk tetap dilakukan guna  percepatan penanganan stunting," kata Syahrizul. 

Syahrizul berharap, semoga kedua aplikasi ini bisa terus dimanfaatkan semaksimal mungkin, sehingga  berbagai upaya melawan Covid-19 dan upaya menurunkan stunting di desa dapat segera tercapai.

Sementara itu, Camat Ukui yang di wakili Sekretarisnya, Tri Arso Sakti Jatmiko, menyampaikan ucapan terimakasih kepada dinas yang telah mengadakan sosialisasi aplikasi desa melawan Covid-19 dan  percepatan penanganan stunting. 

"Semoga dengan diluncurkannya aplikasi ini dapat mempercepat penanganan Covid-19 dan penanganan stunting di Indonesia," harap Tri Arso Sakti Jatmiko. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kabid Kelembagaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pelalawan Syarizul, Kasubid Rudianto dan Tenaga Ahli Dinas Pemberdayaan masyarakat dan desa kabupaten Pelalawan Jupriza, Camat Ukui yang di wakili Sekretarisnya Tri Arso Sakti Jatmiko, dan pendamping desa se Kecamatan Ukui. (Sam)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar